17 May 2013

Tutorial Cara Merakit Komputer Sendiri


Tutorial Cara Merakit Komputer Sendiri -  Belajar merakit computer gampang-gampang sulit. anda cuma butuh mengingat beberapa langkah penting dari yang dapat diterangkan artikel di bawah ini. bila dahulu untuk merakit sesuatu computer, anda butuh beli sesuatu buku, serta lantas mempraktekkannya segera. saat ini ada langkah yang lebih gampang, yakni belajar segera dengan lihat video dari youtube.

Kami dapat membagi pelajarannya dalam 4 pokok kajian, diantaranya :

1. persiapan awal
siapkan seluruh komponen computer yang dapat anda rakit, layaknya casing, mainboard, processor, video card, memori, harddisk, serta optical drive ( dvd-rom ). siapkan juga mur, sekrup yang ada di bagian dalam casing, serta juga obeng serta tang. buku manual mainboard juga dibutuhkan apabila ada yang anda tidak tahu dalam pemasangan kedepannya.

2. menempatkan processor serta memori pada mainboard 

langkah setelah itu yaitu memasang processor pada mainboard. bukalah kotak processor, serta keluarkan processor beserta heatsink yang dilengkapi dengan kipas. pasangkan processor memperhatikan sinyal ‘siku’ yang ada pada processor serta pada soket di mainboard ( geser serta angkat dahulu penutup soket processor pada mainboard ). pemasangan mesti cocok pada mainboard dengan processor.

sesudah itu pasangkan heatsink yang dilengkapi dengan kipas di bagian atas processor. pasangkan pengait dibagian kiri serta kanan heatsink. sesudah itu ‘kuncilah’ agar heatsink menyatu dengan mainboard, serta tak lagi dapat gampang lepas. janganlah lupa menghubungkan kabel power kipas dengan mainboard yang umumnya terdapat dekat dibagian kiri atau kanan dari soket processor.

pasanglah juga memori ( ram ) pada soket yang ada pada computer. yakinkan posisi pemasangan pada slot sesuai dengan letak dari memori. sesudah posisinya cocok, tekan memori agar masuk serta menyatu dengan mainboard. ini dapat tampak pengunci dibagian kiri serta kanan dapat otomatis naik ke atas, apabila memori telah terpasang dengan benar.

3. memasukkan mainboard ke casing komputer
waktunya anda memasukkan mainboard ke dalam casing. bila anda kesusahan menempatkan mainboard atau terbentur dengan power supply, baiknya anda copot dahulu power supply dari casing. pasanglah dahulu ‘backplate’ penyangga ( yang ada pada kotak mainboard ) di bagian dalam casing. backplate baiknya sesuai dahulu dengan posisi mainboard, serta bolongin sisi aluminium yang barangkali tetap tertutup aslinya dari pabrik.

sesudah itu pasanglah mur ( teliti dahulu posisi pemasangan agar letaknya cocok dengan mainboard ) yang dapat jadi penyangga dari mainboard ( mur bentuk atasnya bolong, bawahnya berupa sekrup ) pada area yang disiapkan pada casing. yakinkan posisinya pas, serta kuncilah dengan tang. sesudah letaklah mainboard di bagian atas mur, serta kuncilah dengan sekrup yang ada. yakinkan mur terpasang dengan benar, hingga mainboard saat diangkat, tak lagi bergerak.

hubungkanlah colokan kabel power supply dengan mainboard, cermati kabel yang pas karenanya ( umumnya letaknya dekat memori ). ada 2 kabel yang perlu anda pasang ( bila computer jenis spesifik atau jenis lama hanya kabel saja ).

sesudah itu ada kabel yang terdapat di bagian bawah casing, yang ada lebih kurang 15 buah kabel. untuk memasangnya, anda butuh lihat buku manual dari mainboard anda, atau terkadang ada keterangannya pada mainboard, pasangkan dengan lihat posisi + serta – dengan benar, serta yakinkan jangan sempat salah.

4. menempatkan harddisk serta dvd-rom/rw
langkah setelah itu yaitu memasang harddisk di area yang telah disiapkan di bagian dalam casing. umumnya letaknya ada di dalam-tengah sisi bawah dari casing. janga lupa untuk menghubungkan kabel power ke harddisk, serta kabel data harddisk ke mainboard, sesudah itu kuncilah dengan sekrup yang disiapkan. pada video di youtube pemasangan harddisk tetap berbentuk harddisk jenis lama yakni yang tetap memakai ide. bila harddisk sata langkahnya lebih kurang sama, anda cuma butuh mencocokan pemasangan kabel saja ke harddsik.

langkah pemasangan dvd-rom atau rw juga nyaris sama. anda butuh mencopot dahulu penutup yang ada di bagian atas casing. sesudah dvd-rom terpasang, janganlah lupa untuk mengunci keempat segi dvd-rom dengan sekrup yang disiapkan. janganlah lupa juga menghubungkan kabel dari power ke dvd-rom serta kabel data ke mainboard. serta satu lagi kabel audio yang dapat anda hubungkan dengan sound card ( bila ada ) atau mainboard ( bila sound card anda onboard ).

langkah paling akhir yaitu memasang vga card ( bila ada ). bila vga anda onboard dengan mainboard, langkah ini dapat anda abaikan. slot vga umumnya terdapat di dalam-tengah mainboard ( samping processor ) dengan slot yang warnanya lain sendiri. pada video yang dipasang yaitu vga card agp, untuk yang jenis baru ( pci-e ), langkahnya yaitu sama.

0 comments:

Post a Comment