19 May 2013

CARA MEMBUAT WEBSITE UNTUK TOKO ONLINE

Bila pingin bikin situs toko online, maka ada sebagian pilihan yang dapat dipakai supaya situs itu terwujud. berikut sebagian teknologi yang dapat anda faedahkan:

Blogger

Blogger dipilih oleh mereka yang ingin membuat toko online namun tidak terlalu memahami aspek teknis di balik langkah-langkah membuat online store. Pada dasarnya, Blogger adalah platform untuk nge-blog, yaitu menulis catatan harian baik dalam bentuk teks maupun gambar/foto. Blogger tidak didesain untuk menjual produk. Dalam perkembangannya, Blogger bermetamorfosa menjadi salah satu tool untuk menjual produk karena pemilik akun blog ini banyak yang begitu kreatif mencari penghasilan tambahan. Mulailah Blogger dipakai untuk men-display produk, biasanya pakaian, agar bisa dilihat oleh para pembaca. Ibaratnya, sambil menyelam minum air.


Kelebihan Blogger antara lain:

- Mudah digunakan oleh orang awam.
- Memiliki tampilan desain yang sederhana namun tetap elegan.

Sedangkan kekurangan Blogger antara lain:

- Tidak dirancang untuk toko online dengan fitur yang modern, kompleks, dan serba otomatis.

- Alamat situs toko online diembel-embeli dengan .blogspot.com.


WordPress + MarketPress

Kalau ingin membuat toko online yang lebih modern, maka gunakan WordPress. Sama seperti Blogger, WordPress adalah sistem blog sehingga pada awalnya tidak dirancang untuk jual beli lewat internet. Namun dengan menggunakan plugin khusus yang disebut MarketPress, Jigoshop, Woocommerce, dan lain sebagainya, blog Anda bisa berubah menjadi toko online.


Berikut kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan jika membuat toko online menggunakan WordPress:

- Mudah digunakan dan gratis sehingga bisa membuat toko online Anda menjadi lebih efisien.

- Dukungan “teknologi” dalam bentuk plugin selalu berkembang sehingga toko online Anda akan menjadi semakin canggih dari hari ke hari.

-Memiliki tampilan yang variatif dalam bentuk theme.





Sedangkan kekurangannya antara lain:

- Belum tersedia fitur khusus untuk melakukan Penghitungan biaya kirim via kurir lokal.

- Kadang-kadang, ada mismatch (ketidakcocokan) antara plugin dan theme sehingga toko online menjadi kurang menarik.


Joomla + VirtueMart

Joomla adalah Content Management System (CMS). Lebih tinggi “tingkatnya” dibanding blog karena CMS memiliki lebih banyak fitur dibanding blog. Joomla sangat populer karena memiliki banyak fitur dan mudah digunakan. Joomla memang tidak dirancang secara khusus untuk toko online. Namun dengan mengandalkan extension seperti Virtuemart, Anda sudah bisa berjualan.






Prestashop

Prestashop adalah script untuk membuat toko online yang, menurut kami, paling canggih dan lengkap serta mudah digunakan. Prestashop juga mendukung penggunaan Bahasa Indonesia. Kelemahannya, instalasi Prestashop untuk orang awam cukuplah sulit sehingga seringkali harus membutuhkan bantuan dari pihak lain.




OSCommerce

OSCommerce adalah script yang termasuk dalam golongan ‘pemain lama’. Memang script ini canggih dan teruji namun karena di Indonesia kurang bergaung namanya, maka mencari referensi tentang OSCommerce cukuplah sulit sehingga pengembangannya pun tidak begitu pesat.

SUMBER : RUMPITEKNO.COM

0 comments:

Post a Comment