17 May 2013

Cara Mengubah Ejaan (Spelling) Microsoft Word Menjadi Bahasa Indonesia



Dalam perihal tulis-menulis, terlebih untuk kita kelompok umur pelajar, yang punya tugas menulis karya ilmiah, pasti penulisannya mesti sesuai dengan eyd ( ejaan yang disempurnakan ). penulisan karya catat tidak luput dari ketikan computer. nah, yang umumnya bikin kita sebal yaitu tak adanya “pembantu” ejaan yang sesuai dengan bahasa indonesia. spelling yang dipakai oleh computer dengan default yaitu bahasa inggris. hingga, kadang-kadang kata yang memanglah telah benar ejaannya dalam bahasa indonesia, jadi salah dikarenakan diralat oleh computer dengan otomatis, dalam ejaan bahasa inggris. sebagai perumpamaan saat kita menulis kata “bisa”, oleh computer dapat diubah jadi “bias".

Atau kata “aktif”, oleh computer diubah jadi “active”. perihal ini bikin kita terkadang geram dengan computer sendiri. namun butuh diketahui bahwa ini ini tidaklah kekeliruan si computer. itu dikarenakan ia memakai ejaan pada bahasa inggris. dengan kata lain, kamus kata yang dimiliki oleh computer yaitu bahasa inggris. nah, karenanya, saat ini kami dapat memaparkan bagaimana langkahnya supaya computer dengan default memakai ejaan bahasa indonesia, hingga kedepannya dalam perihal catat-menulis, dapat lebih gampang. ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Download Language Pack Bahasa Indonesia untuk Microsoft Word 2007 (atau bagi kamu yang punya, download untuk 2010) di link yang pernah kami posting pada artikel Mengubah Bahasa Microsoft Word 2007 ke Bahasa Indonesia.
2. Ikuti langkah-langkah pada artikel tersebut sampai selesai.
3. Setelah itu, masuklah ke Control Panel Windows. Pada Menu Dropdown View by :, pilih Small Category. Lalu klik Region and Language.

Pilih tab Administrative. Pada bagian Current language for non-Unicode programs, klik Change System Local.... Ganti menjadi Indonesian (Indonesia). Klik OK > OK


5. Restart komputermu. (Perubahan secara otomatis akan memerintahkan untuk restart komputer).

6. Setelah komputermu menyala kembali, lihat pada area taskbar. Ubah Languege bar, dari English (United States) menjadi Indonesian (Indonesia).

7. Sekarang bukalah Microsoft Word.
 
8. Pada bagian Status bar (bawah), lihatlah bahwa Language secara default adalah English (United States). Klik pada bagian tersebut, kemudian akan muncul kotak dialog Language. Sorot pada Indonesian (Indonesia). Untuk menjadikannya sebagai bahasa default, tekan Default.... Klik OK>OK.

 



 Selesai

3 comments:

  1. apa gak lucu nih kalo ejaan spellingnya dirubah ke bahasa indonesia ??

    ReplyDelete
  2. waah terima kasih banyaak!!

    ReplyDelete
  3. Astaga ternyata problemnya simpel banget. thanks solusinya

    ReplyDelete